(Dipaksa) Bersahabat dengan Cyclo Progynova

Disclaimer: saya bukan praktisi medis sama sekali, tulisan ini murni saya buat dari sudut pandang orang awam, mohon jangan dijadikan acuan dan tetap konsultasi ke dokter kandungan.

Dear ladies, siapa di sini yang siklus haidnya dari awal puber masih aja berantakan dan nggak tentu? I believe I'm not the only one. Sejujurnya menulis tentang hal ini bukan sesuatu yang mudah buat saya. Sejak pertama kali menginjak usia puber, bahkan hingga hari ini, saya selalu ketar-ketir tiap bulan. Kapan saya haid lagi ya? Kok udah lebih dari sebulan saya belum haid juga yah? Bahkan nggak sekali saya puasa di bulan Ramadhan sampai full karena benar-benar nggak halangan sama sekali. Enak nggak mengalami hal kayak gitu? Ya enggak lah... Di mana enaknya? Apalagi saya juga belum menikah, makin bertambahlah kekhawatiran saya. 😢

Saya seringkali mikir, apa saya nggak normal? Kenapa kok saya kayak gini? Well, ada beberapa hal yang menjadi faktor tidak teraturnya siklus haid seorang wanita. Dilansir dari situs Alodokter, ada beberapa faktor yang menyebabkan siklus haid tidak teratur, di antaranya adalah berat badan tidak normal (terlalu gemuk atau terlalu kurus), mengonsumsi pil kontrasepsi, kadar hormon prolaktin terlalu tinggi, stres yang berlebihan, dan kondisi medis tertentu. Apapun itu, siklus haid yang tidak teratur nggak boleh dibiarkan terlalu lama. Maksimal 3 bulan kita nggak haid, harus langsung diperiksakan ke dokter kandungan. Jangan kayak saya ya... Saya baru pergi ke dokter kandungan setelah 5 bulan nggak menstruasi. 😢

Mulanya saya takut mau memeriksakan diri ke dokter. Saya takut menemukan penyakit yang mengerikan dalam tubuh saya. Manusiawi, semua pasti takut sakit. Apalagi bagi perempuan, segala hal terkait sistem reproduksi pastinya ingin dijaga sebaik mungkin. Begitu juga dengan saya. Tapi selama ini saya selalu maju mundur tiap kali mau ke dokter, ada-ada aja alasannya. Sampai akhirnya ketika saya udah hampir 6 bulan nggak juga menstruasi, saya cuma berdoa, "Ya Allah kalau saya haid lagi, saya janji bakal periksa ke dokter, please ya Allah..." Dan di bulan Desember 2017, akhirnya saya memberanikan diri periksa ke dokter kandungan ditemani pasangan saya (statusnya masih pacar kok, ehehe). 🙈

Saya sempat kesulitan mencari dokter kandungan yang standby di Bogor pada saat itu. Karena beberapa klinik dan rumah bersalin yang saya datangi, dokter kandungannya sedang cuti sampai beberapa hari setelah Natal. Saya pun googling dan menemukan blog Faradila Danasworo Putri tentang daftar klinik dan rumah sakit di Bogor yang melayani USG beserta estimasi harganya. Karena satu dan lain hal, BPJS saya tidak aktif namun kantor saya menerapkan sistem reimburse jadi saya pun mendatangi Rumah Sakit Mulia yang terletak di Jl. Padjadjaran No. 98, Bantarjati. Antrean untuk pasien umum non-BPJS tidak terlalu panjang. Saya datang sekitar pukul 12.00 WIB, satu jam kemudian saya sudah diperiksa oleh dokter spesialis kandungan.

Dokter yang menangani saya adalah dr. Christian Sastra, Sp.OG. Pembawaannya yang santai bikin saya nggak terlalu nervous. Di dalam ruang praktik itu beliau didampingi seorang perawat yang membantunya. Saya yang gugup setengah mati karena itu kali pertama saya USG akhirnya bisa agak santai. Dari hasil konsultasi dan pemeriksaan, dugaan sementara sih saya mengalami gangguan hormon. Dokter Christian bilang rahim saya dalam kondisi bagus dan tidak ada masalah kalau dilihat dari USG. Jadi saya pun diresepkan obat Cyclo Progynova yang harus saya minum setelah menstruasi saya berakhir. Obatnya ada 21 butir yang harus saya minum setiap hari secara berurutan, nggak boleh acak dan nggak boleh terlewat satu pun. Sekitar satu minggu setelah obatnya habis, semestinya saya sudah menstruasi. Kalau iya, berarti nggak ada masalah. Saya bisa melanjutkan konsumsi obat itu di bulan berikutnya sampai siklus haid saya teratur. Tapi kalau satu minggu setelah obatnya habis saya belum menstruasi, saya harus konsultasi lagi ke dokter. Obat Cyclo Progynova ini saya beli di apotek RS Mulia seharga Rp 140.000,- per bungkus dan kayaknya sih harus pakai resep dokter. Saya belum tau berapa harganya kalau beli di apotek lain. Saat ini, obat Cyclo Progynova-nya masih tersisa sekitar 6 butir. Jadi masih ada waktu kurang lebih 2 minggu sampai saya (seharusnya) menstruasi lagi. Bismillah, semoga segalanya baik-baik saja. 😊🙏

Sumber gambar: Klik Apotek

Selama mengonsumsi Cyclo Progynova, saya nggak merasakan ada keluhan atau efek samping yang terlalu mengganggu. Kecuali mungkin selera makan saya yang jadi agak di luar kontrol (duuuh). Tapi bagi sebagian orang, ternyata ada yang mengalami efek samping seperti mual, muntah, kenaikan berat badan, ruam pada kulit, dan sakit kepala. Apakah kamu salah satunya? 😌

Saya bersyukur dari awal saya konsultasi ke dokter, dukungan dari orang-orang tersayang nggak pernah putus. Baik yang memberikan dukungan lewat doa, chat, sampai yang rela cuti buat nemenin saya ke dokter karena nggak mau saya ketakutan pergi ke dokter sendiri. :')

UPDATE (30 Januari 2018)

Waktu tulisan ini pertama kali dimuat, saya masih harus mengonsumsi sekitar 6 butir obat lagi jadi belum tau apakah obat ini memang memberi khasiat sesuai diagnosa dokter. Dan ternyataaaa... sesuai! Alhamdulillah... Menurut perhitungan saya dari mulai konsumsi obat, seharusnya tanggal 20 Januari 2018 saya sudah menstruasi, dan ternyata tepat di tanggal segitu saya 'dapet'. Sesuai arahan dokter, setelah menstruasi saya selesai, saya kembali mengonsumsi obat Cyclo Progynova ini. Tadinya saya kira harus ada resep dokter, namun ternyata bisa dibeli di Kimia Farma dengan bebas seharga Rp180.000,00, lebih mahal Rp40.000,00 dibanding waktu saya beli di RS Mulia. Saya belum tau berapa lama lagi saya harus mengonsumsi obat ini sampai hormon saya menjadi normal. Mungkin sekitar 2 bulan lagi saya akan kembali konsultasi ke obgyn. 😉

UPDATE (21 Juni 2018)

Setelah berbulan-bulan tayang, ternyata tulisan ini lumayan banyak juga pembacanya ya, dan beberapa di antaranya ada yang menghubungi saya lewat direct message. Baiklah, saya pikir saya harus memperbarui tulisan ini lagi. Jadi, saya sudah berhenti mengonsumsi obat Cyclo Progynova pada bulan April 2018 lalu. Sesuai hitungan tanggal, semestinya saya kembali menstruasi pada tanggal 1 Mei 2018. Apakah siklus saya sesuai dengan perhitungan? Hohohoho.... sayangnya nggak. 😂 Apakah saya panik? Well, sedikit. 🙈 Tapi saya berusaha tetap optimis dan berdoa. Saya juga memperbanyak makan sayur, buah-buahan, dan minum air putih. Mungkin nggak berpengaruh secara langsung, tapi yang jelas sayur dan air putih memang baik untuk tubuh kita kan?

Tunggu punya tunggu, akhirnya tanggal 11 Mei 2018 saya kembali menstruasi. YAY! Memang terlambat sih dari tanggal yang saya perkirakan, tapi setidaknya saya masih menstruasi. Itu aja dulu deh yang jadi concern saya. Sejak beberapa tahun terakhir saya memang rajin mencatat di kalender kapan saya menstruasi serta berapa lama durasinya. Menurut saya ini penting dilakukan oleh semua perempuan sih, terlepas dari siklus menstruasinya lancar atau nggak. Tadinya saya sempat mau konsultasi ke obgyn, tapi karena saya ternyata masih menstruasi jadi saya mengurungkan niat. Saya kembali menghitung tanggal dan memperkirakan kapan siklus menstruasi saya akan tiba di bulan berikutnya. Nah, ternyata di bulan Juni 2018 ini siklus menstruasi saya meleset 6 hari dari tanggal yang saya perkirakan. Sedikit terlambat tapi saya masih bersyukur. Semoga ke depannya pun tetap seperti ini. 😇

Kalau ada teman-teman yang juga mengalami hal serupa seperti saya, boleh banget lho berbagi pengalaman di kolom komentar. Semoga tulisan saya bisa sedikit membantu teman-teman lain yang juga lagi berjuang. Semangat ya! 😊

Comments

  1. Sama ka, saya 22th, dari awal menstruasi udah ga rutin. Berkali-kali ke dokter, dikasih obat, dapet. Berenti minum obat, eh ga dapet lagi. Padahal ramim bagus, cuma hormonnya aja ga seimbang :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama aku pun kata dokter rahimnya bagus, cuma hormonnya aja gak seimbang. :( Aku pun udah gak minum obat lagi, pasrah aja kalau ternyata siklus haidnya berantakan lagi daripada ketergantungan obat kan. Semangat yaa, semoga sehat selalu.. ^_^

      Delete
    2. Sempet khawatir juga ga sih kan kalo lebih dari 3 bulan ga dapet ? Apa aku doang yang begitu ? Gangguan hormon mungkin karena aku gemuk kali yaa ka. Semoga kita sehat selalu dan menstruasi kita rutin yaa ka :)

      Delete
  2. Saya juga mengkonsumsi obat tersebut, kata dokter saya setelah 3 hari obat itu habis saya bisa mendapatkan menstruasi kembali tetapi ini sudah hari ke tiga tetapi saya belum menstruasi juga. Bagaimana ya seharusnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak gak mesti 3 hari .. dulu saya sampai seminggu baru haid .. tapi kata dokter nya sih .. kita gak bisa hanya 1 kotak minum obat nya .. apalagi yg blom menikah .. minimal 3 kotak .. kemarin siih kata dokter nya begitu

      Delete
  3. Hi ka rizki,mau tanya saya waktu itu gak haid juga selama 6bulan,setelah d cek d dokter saya juga d kasih obat yg sama,setelah saya konsumsi hari ke 5 saya langsung haid,tapi setelah haid selesai saya tidak konsumsi lg,karna saya kurang menyimak cara minum y waktu itu,skrg sudah 1 bulan lewat,siklus haid saya tdk lancar lg,apa kah aku boleh lanjutin minum obat tersebut atau tdk?kalau boleh saya harus minum mulai dr mana?sebelumnya tq atas jawaban.y

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, maaf baru balas ya. kalau sesuai anjuran dokter, begitu haid selesai harusnya langsung minum obatnya lagi, tapi mungkin beli kemasan baru ya, bukan yang lama. soalnya diminumnya kan harus sesuai urutan dan semuanya harus habis. tapi saran saya kalau ragu konsultasi aja lagi deh ke dokter. :)

      Delete
  4. Kak pengalaman kakak sama sekali sama sayaa saya udh 7 bulan ga mens umur baru 21 taun kaget siii. Pas ke dokter dikasih obat cyclo ituuu. Nah tapi saya anak rantau jd ditebus obatnya di apotek beda kota. Apoteker nya tidaj memberikan penjelasan rinci.

    Saya baru makan 3 pil itu dan alhamdulillah mens. Lalu apa saya harus makan obat itu atau tunggu sampai mens beres? Reply kakak sangat saya harapkan karena saya masig bingung

    Kalo untuk lebih lanjut bisa mi ta kontak kaka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya juga nggak berani kasih jawaban karena khawatirnya kondisi fisik setiap orang beda-beda. Waktu ke dokter yang pertama kali apakah dikasih petunjuk harus minum berapa lama?

      Delete
  5. Hi kak rizki , cerita yang kakak bagikan hampir mirip dengan saya , waktu saya minum obat cyclo dateng haid dan kalo ngga minum obat itu ngga haid
    Apa aku harus rutin minum obat itu untuk beberapa bulan sampai haid lancar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, kalau boleh tau waktu minum obat cyclo yang pertama apakah beli sendiri atau atas resep dokter ya? Soalnya kalau aku memang disuruh minum 3 bulan berturut-turut, mungkin tubuh kita butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan hormon yang 'diatur' oleh obat cyclo sebelum bisa kembali rutin.

      Delete
    2. Atas resep dokter kak
      Boleh minta kontak kaka , mau tanya2 lebih lanjut hehe

      Delete
  6. ini mah kasusnya sama banget sama aku.. aku bahkan pernah ga mens setahun dan akunya biasa aja sih .. karna ku pikir aku ga haid berarti aku ga perlu capek2 pake pembalut atau punya utang puasa kan hehe.. cuma karna aku nya 3 bulan lagi mau nikah, soo yg gini gini aku harus perhatikan banget nih yah..

    ReplyDelete
  7. Mba hanya dikasi obat ini saja ya sama dokter?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya cuma dikasih resep obat ini aja sama dokter :)

      Delete
  8. Kak klw aq udh komsumsi obat cyclo itu,tp aq ga baca aturan,,aq minumnya yg pil merah dluan,aq udh minum 2 pil,,,gmna ya ngefek ga ya,sm siklus haid ku

    ReplyDelete
  9. Tulisan kk sama persis dengan pengalaman yg aku alami kak,sekarang saya sdh 28 thn tapi masih saja mengalami siklus haid yg tdk normal bahkan ketika masih remaja saya PMS nya ampe tahunan k dan sekarang dah menikah rasa gundah pun selalu menghampiri takut tdk pnya keturunan,pada akhir.a saya d sarankan suami dan adik ipar untuk periksa kandungan meskipun ada ktkutan akhir.a sy memberanikan diri untuk periksa ke spesialis kandungan sma seperti pengalaman kk d atas rahim saya baik2 sja tdk ada yg prlu d khawatirkan dan akhir.a dokter sarankan minum cylo progynova alhmdulillah brhasil slama 3 blm siklus haid sya normal dan d bln ini tepat masuk blan ke 4 sya haid tpi skrng blm haid mngkin krn sy brhenti mnum obatnya kali yah hehehhe
    Sebenar.a lagi promil kata dokternya konsumsi cylo ajaa smga bsa brhasil,skrng bingung ngk tw dgn cara apa lagi biar haidnya normal apa hrs mnum cylo lagi lumayan harganya 200rbu hehehe
    Sya sngat suka dgn tulisan kk trnyta d luar sna masih ada yg sprti yg saya alami 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Amhyra, makasih udah mampir yaa.. :)
      Bulan ini saya akan menikah dan saya juga punya kekhawatiran yang sama. Tapi kita afirmasi positif aja yuk kalau semuanya baik-baik aja dan jangan dijadiin beban. Semangat ya program hamilnya & semoga berhasil. :)

      Delete
  10. Tulisan kk sama persis dengan pengalaman yg aku alami kak,sekarang saya sdh 28 thn tapi masih saja mengalami siklus haid yg tdk normal bahkan ketika masih remaja saya PMS nya ampe tahunan k dan sekarang dah menikah rasa gundah pun selalu menghampiri takut tdk pnya keturunan,pada akhir.a saya d sarankan suami dan adik ipar untuk periksa kandungan meskipun ada ktkutan akhir.a sy memberanikan diri untuk periksa ke spesialis kandungan sma seperti pengalaman kk d atas rahim saya baik2 sja tdk ada yg prlu d khawatirkan dan akhir.a dokter sarankan minum cylo progynova alhmdulillah brhasil slama 3 blm siklus haid sya normal dan d bln ini tepat masuk blan ke 4 sya haid tpi skrng blm haid mngkin krn sy brhenti mnum obatnya kali yah hehehhe
    Sebenar.a lagi promil kata dokternya konsumsi cylo ajaa smga bsa brhasil,skrng bingung ngk tw dgn cara apa lagi biar haidnya normal apa hrs mnum cylo lagi lumayan harganya 200rbu hehehe
    Sya sngat suka dgn tulisan kk trnyta d luar sna masih ada yg sprti yg saya alami 😊😊

    ReplyDelete
  11. saya juga mengalami hal tersebut, saya dr awal menstruasi memamg sudah tidak teratur dan sering longkap longkap, ga nentu ,, dan pengalaman saya saat ini sedang saya alami ,, 3 bulan lalu saya blm haid dan saya cek ke dokter obgyn untuk mengetahui keadaan saya, karna biasanya saya gak haid cuma sebulan ini sudah lebih 3 bulan blm haid juga .. kemudian saya di usg dengan dokter spog saya disitu belum punya bpjs jd saya pasien umum ketika itu dokter usg saya dan mendiagnosa kalau saya mengalami PCO (polikistik cyndrom ovarium) lalu saya di saran kan untuk cek lab banyak sekali seperti ( h2tl, gambaran darah tepi, ferritin, HB A1-C, trigliserida, cholesterol total, HDL,LDL, prolaktin, progesteron, anti mullerian hormon/ AMH, protein total, sgot, sgpt, tes toleransi glukosa, urin lengkap, tSH,LH,FSH,Estradiol dan vitammin D25-OH) saya bingung mana saya pasien umum pasti biaya nya mahal sekali,, saya kurang yakin baru cek tapi langsung disuruh cek lab sebanyak itu untuk menentukan saya benar benar PCO atau tidak. memang berat badan saya bertambah drastis saat kuliah , dokter bilang seminggu lagi saya dtg ke rs untuk cek lab tapi saya tidak melakukan cek lab, karna saya sedang mengurus bpjs saya, dan 2 minggu kemudian saya datang ke rs yg sama tetapi dengan dokter SPOG yg berbeda,, disitu saya ingin membandingkan apakah benar diagnosa yg diberikan oleh dokter pertama saya dan menyarankan untuk cek lab, akhir nya di dokter kedua saya dilakukan USG dan hasil nya saya hanya di diagnosa gangguan hormon .. saya langsung di beri obat hormon namanya promilen itu ada 7 tablet dan tidak di cover bpjs obat nya harga perbutir nya 7000 rupiah, kata dokter saya minum itu rutin sesudah makan jika haid muncul saya dtg untuk kontrol kembali pada hari ketiga saya haid, tapi jika saya blm haid saya disarankan kontrol 2 minggu dr saya minum obat promilen, saya sempat was was karna sudah 7 hari setelah minum obat promilen blm haid juga , dan saat hari ke 10 saya haid.. kemudiam di hari ke 3 saya dtg ke rs untuk kontrol. disana saya di usg ulang dan dokter bilang tidak trjdi apa apa, tetapi saya di berikan obat lagi tetapi obat yg berbeda saya diberi obat cycloprogynova tab yg harus saya minum saat itu juga , saat ini saya blm tebus obat itu , saya ingin memantau apakah bisa saya haid tanpa obat .. karna saya takut ketergantungan..

    ReplyDelete

Post a Comment