Satuan ATM, Bar, dan Meter, Apa Bedanya?

"Ini jam waterproof lho, bisa dibawa berenang sampai kedalaman 50 meter, lihat nih ada tulisannya 'WR 50M'". 

Benar nggak sih kode WR 50M bisa diinterpretasikan seperti itu? Well, ada satu toko jam online yang pernah memuat artikel tentang satuan ketahanan air sebuah jam. Dari sumber itu, aku tulis ulang jadi sebuah artikel bebas di CiriCara.com. Tiba-tiba aja hari ini mau posting ulang artikel yang aku tulis tahun lalu itu di sini. Hehe... 

Petunjuk Ketahanan Air pada Jam

Satuan ATM, Bar, dan Meter (M)
Arloji yang hanya bertuliskan water resistant saja pada umumnya tidak bisa digunakan untuk berenang. Untuk menyatakan ketahanan suatu arloji terhadap air, ada beberapa satuan tekanan yang umum digunakan oleh perusahaan jam, yaitu: Atmosfer (ATM), Bar, dan juga Meter (M). Satu ATM setara dengan 1,01325 Bar, atau kurang lebih sama dengan 10 meter. Apabila dibulatkan maka 1 ATM = 1 Bar = 10M. Ketiga jenis satuan inilah yang lazim kita lihat di bagian belakang arloji. AYo coba dicek berapa satuan water resistant arloji kamu. ;)

Water Resistant 10M
Arloji dengan kualifikasi 10M biasanya hanya bertuliskan water resistant saja tanpa menyebutkan embel-embel 1 ATM atau 1 Bar. Kualifikasi ini merupakan level yang paling rendah dan biasanya hanya tahan air untuk kegiatan sehari-hari, misalnya terkena hujan atau percikan air. Arloji seperti ini tidak cocok digunakan untuk berenang atau terkena air bertekanan tinggi, misalnya terkena semprotan air dari selang.

Water Resistant 50M
Arloji yang memiliki kualifikasi 50M ketahanan terhadap airnya setingkat di atas arloji 10M. Selain tahan air untuk kegiatan sehari-hari, arloji ini juga dapat digunakan untuk berenang di kolam renang ataupun di perairan dangkal dan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan air, misalnya kegiatan memancing.

Water Resistant 100M
Buat kamu yang gemar melakukan olahraga snorkeling atau menyelam di laut tanpa bantuan tabung oksigen, arloji dengan kualifikasi 100M dapat menjadi pilihan yang tepat. Arloji jenis ini tahan untuk kegiatan olahraga air yang bersifat rekreasi, namun kurang cocok untuk digunakan pada kondisi terpapar air bertekanan ekstra tinggi.

Water Resistant 200M
Arloji yang memiliki kualifikasi 200M ini dapat digunakan untuk segala macam aktivitas kelautan dan cukup tangguh untuk digunakan saat mengendarai jet ski. Buat kamu yang gemar menyelam cukup dalam namun tanpa menggunakan tabung (skin diving), arloji jenis ini bisa jadi pilihan.

Diver’s Watch
Nah, kalau arloji yang ini umum digunakan oleh para penyelam untuk melakukan kegiatan scuba diving. Diver’s Watch sendiri masih dibagi ke dalam 2 jenis ketahanan air. Arloji dengan kualifikasi 200/300M hanya dapat digunakan untuk kegiatan menyelam yang masih menggunakan tabung oksigen. Sedangkan arloji dengan tingkat ketahanan paling tinggi terhadap air adalah yangmemiliki kualifikasi >300M. Arloji ini mampu bertahan untuk kegiatan penyelaman yang harus menggunakan tabung dengan campuran gas helium.

Nah itu tadi penjelasan tentang kualifikasi ketahanan air pada arloji. Semoga ke depannya kamu jadi lebih paham dan nggak mudah terkena rayuan abang-abang penjual jam yah yang mulutnya manis sekali. Semoga bermanfaat! :D

Referensi:
1 2 3

Comments

  1. Mkasih mbax sangat mmbantu informasi nya

    ReplyDelete
  2. Mkasih mbax sangat mmbantu informasi nya

    ReplyDelete
  3. Mantab, mksh penjelasan nya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. sangat bermanfaat, semoga menjadi amal jariyah

    ReplyDelete

Post a Comment